Pokja REDD+ Kalbar Segera Rampungkan Penyusunan SIPE

Gardenia Resort tempat pertemuan Pokja REDD+ Kalbar untuk merampungkan dokumen SIPE

Pontianak. Beban berat ada di pundak Kelompok Kerja (Pokja) REDD+ Kalbar. Harus menuntaskan penyusunan dokumen Strategi Intervensi Penurunan Emisi (SIPE). Kerja berat itu akan segera dituntaskan mulai dari 2-8 September 2019 depan. Pada tanggal itu Pokja beserta sejumlah mitranya akan menggelar pertemuan di Gardenia Resort Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

“Surat undangan untuk seluruh  anggota Pokja beserta mitra sudah disampaikan lewat grup WA. Mudah-mudahan para anggota sudah membaca undangan tersebut. Dengan demikian, rencana penyusunan SIPE bisa berjalan lancar,” kata salah satu anggota Pokja REDD+ Kalbar, Etty Septia Sari, Jumat (29/8/2019).

Surat undangan untuk anggota Pokja ditandatangani Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kalbar, Ir H Adi Yani MH. Nomor surat 66.1/39/DPRKPLH-B tanggal 29 Agustus 2019. Ada 33 pihak yang diundang. Sebagian besar anggota Pokja dan mitra. Di antara mitra pembangunan yang diundang, GIZ Forclime, IISM, Sampan, PISU, PRCF, FFI-IP, TFCA, Yayasan Inisiatif Dagang Hijau. Selebihnya dari instansi pemerintah terkait.

Pertemuan penting ini terselenggara atas kerja sama Pokja REDD+ Kalbar dengan GIZ Forclime, Yayasan Inisiatif Dagang Hijau. Kemudian, didukung Governor’s Climate Change and Forest (GCF Task Force) dan United Nation Development Program (UNDP).

Penyusunan SIPE ini sudah dilakukan beberapa kali pertemuan. Pada pertemuan kali ini diperkirakan bisa merampungkan seluruh dokumen. Sebelum pertemuan itu, pada 2 September 2019 dilakukan review hasil monitoring emisi tahun 2013-2015. Kemudian, dilanjutkan review hasil monitoring emisi tahun 2013-2018. Tempatnya di Gardenia Resort juga.

“Sebenarnya dari tanggal 2 sampai 8 September, peserta yang diundang melakukan pertemuan. Mereka diinapkan di sana agar penyusunan dokumen menjadi fokus. Harapannya adalah bisa merampungkan seluruh dokumen,” tambah Bu Sari-sapaan akrabnya- yang juga pegawai DPRKPLH Kalbar. *


0 Response to "Pokja REDD+ Kalbar Segera Rampungkan Penyusunan SIPE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel