SIPE Uraian Lebih Detail Dokumen SRAP REDD dan FREL

Jumtani

Sungai Raya. Dokumen Strategi Rencana Aksi Provinsi (SRAP) REDD+ Kalbar sudah lama rampung. Begitu juga dokumen Forest Reference Emission Level (FRELL) Kalbar juga sudah lama kelar. Dua dokumen itu mesti disempurnakan lagi dengan satu dokumen, yakni Strategi Intervensi Penurunan Emisi (SIPE) atau Emission Reduction Intervention Strategy (ERIS).

“SIPE itu sebuah dokumen sifatnya detail. Menterjemahkan dokumen SRAP yang sudah ada
Membangunn koherensi dengan dokumen FREL,” kata perwakilan GIZ Forclime, Jumtani dalam kegiatan penyusunan dokumen SIPE di Gardenia Resort Sungai Raya Kubu Raya, Selasa (3/9/2019).

Dijelaskan Jumtani yang juga anggota Pokja REDD+ Kalbar, dalam dokumen SRAP dan FREL  memang menyebutkan sejumlah aksi dalam driver wilayah deforestasi. Tetapi, belum menyebutkan di mana wilayah dan besaran intervensi penurunan emisi.

“SIPE ini memuat rencana aksi menurunkan emisi lebih detail, di mana wilayahnya, berapa besarannya, dan apa aktivitasnya, siapa yang akan melakukannya. Sehingga ini menjadi guideline untuk kegiatan di tingkat tapak,” papar Jumtani.

Misalnya wilayah WPK nya di mana, berapa luasannya, siapa yang akan melakukan, apa saja kolaborasikan dilakukan. Semua itu nanti termuat dalam dokumen SIPE. Dengan demikian, pihak yang akan melaksanakan aksi menjadi terbantu. “Semua menjadi lebih jelas di dokumen SIPE,” katanya.

Menurut Jumtani, dokumen SIPE terdiri 10 bab. Dalam penyusunannya digarap oleh kelompok. Semua anggota Pokja kebagian dalam penyusunan itu. “Mudah-mudahan apa yang kita rencanakan selesai. Paling tidak dalam bentuk draft,” harap Jumtani.

Dokumen SIPE menjadi guideline dalam menyusun sejumlah agende implementasi penurunan emisi. Dengan adanya dokumen itu juga diharapkan bisa mendapatkan fundrising baru. Adanya dukungan dana tentu semakin mempercepat implementasi.

“Acara penyusunan dokumen SIPE dimulai dari hari Selasa. Direncanakan Jumat depan sudah selesai. Mohon doanya agar dokumen SIPE segera terwujud,” harap Jumtani. (ros)




0 Response to "SIPE Uraian Lebih Detail Dokumen SRAP REDD dan FREL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel