Dinas PRKPLH Kalbar Dapat Piagam Penghargaan SRN PPI

Yefri Herodi mewakili Kepala DPRKPLH Kalbar menerima piagam penghargaan SRN PPI dari Menteri KLHK
Pontianak. Kerja keras Dinas Perumahaan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kalbar di bidang perubahan iklim berbuah manis. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI memberikan piagam penghargaan Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahaan Iklim (SRN PPI) untuk (DPRKPLH) Kalbar, 2 Oktober 2019. Penghargaan langsung diberikan Menteri KLHK, Dr Ir Siti Nurbaya M Sc di Gedung Manggala Wanabakti di Jakarta.

“Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan nyata dari KLHK RI. Apa yang telah kita lakukan di bidang perubahan iklim membuahkan hasil. Tentunya ini menjadi pelecut semangat kita untuk semakin meningkatkan kinerja di bidang perubahan iklim,” kata Kepala DPRKPLH Kalbar, Ir H Adi Yani MH, Senin (8/10/2019).
 
Piagam Penghargaan SRN PPI yang diterima DPRKPLH Kalbar
Dijelaskannya, dinas yang dipimpinnya aktif terlibat dalam perubahaan iklim. Bukti keaktifan itu bisa dilihat dari meng-upload setiap materi terkait perubahan iklim di Sistem Registri Nasional. “Adanya penghargaan ini sebagai bentuk apreasiasi tinggi dari KLHK terhadap apa yang telah kita kerjakan. Namun, bukan penghargaan ini menjadi tujuan utama kita, melainkan bagaimana kita terus berbuat untuk menurunkan emisi gas rumah kaca,” tambah Adi Yani.

Saat penerimaan piagam penghargaan diserahkan oleh Menteri KLHK dan diterima oleh Yefri Herodi SE Sekretaris DPRKPLH Kalbar. Beliau mewakili Kepala DPRKPLH Kalbar yang pada saat bersamaan berhalangan hadir.

Sistem Registri Nasional (SRN) adalah sistem pencatatan data dan penyediaan informasi pengenalan perubahan iklim di Indonesia. Pembangunan SRN diperlukan sebagai bagian pelaksanaan “transparency framework” Perjanjian Paris. Sistem ini sebagai sarana untuk integrasi aksi dan sumber daya terkait perubahan iklim untuk menghindari double counting aksi dan sumber daya serta sekaligus sebagai alat koordinasi dan sekaligus sebagai alat penilai seberapa jauh kegiatan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang dilaksanakan dengan berbagai dukungan sumber daya.

Ada beberapa yang kegiatan yang didaftarkan dalam SRN sebagai upaya menghadapi perubahan iklim yaitu upaya adaptasi, mitigasi, gabungan adaptasi dan mitigai serta kegiatan lainnya. Pelaksanaan SRN ini mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) No. 71 Tahun 2017 tentang Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim. Dalam rangka melaksanakan Pasal 15 pada peraturan tersebut dimana Menteri LHK akan memberikan apresiasi kepada Penanggung Jawab Aksi yang telah berkontribusi dalam penurunan emisi GRK dan terverifikasi di SRN Pengendalian Perubahan Iklim (PPI). (ros)

0 Response to "Dinas PRKPLH Kalbar Dapat Piagam Penghargaan SRN PPI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel