Ketua Pokja REDD+ Kalbar Raih Gelar Profesor

Prof Dr Ir Gusti Hardiansyah M Sc QAM IPU
Pontianak – Awal tahun menggembirakan bagi Kelompok Kerja (Pokja) REDD+ Kalimantan Barat. Betapa tidak, Gusti Hardiansyah sebagai Ketua Pokja REDD+ Kalbar sukses meraih gelar profesor atau guru besar. Tidak hanya menjadi kegembiraan seluruh anggota Pokja REDD+, juga menjadi kebanggaan bagi seluruh warga Kalbar.

“Orang yang meraih gelar profesor itu sangat jarang. Bahkan langka. Ketika ada yang meraih gelar profesor, tentulah ia orang hebat. Nah, Ketua Pokja REDD+ Kalbar, Pak Gusti baru saja meraih gelar profesor tersebut, Sebagai orang Kalbar, tentu kita patut bangga,” kata Hendry Octavius, salah satu anggota Pokja REDD+ Kalbar, Selasa (22/1/2020).

Hendry orang pertama yang men-share atau menyebarkan berita bahwa Gusti Hardiansyah sudah meraih gelar profesor di grup WA. Dalam share-nya “Barakallahu fikum untuk Dekan Fakultas Kehutanan telah menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen Hutan: Prof Dr Ir Gusti Hardiansyah M Sc QAM IPU. Selamat Pak”.

Sontak share dari Hendry ini mendapatkan balasan serupa. Hampir seluruh anggota grup WA Pokja mengucapkan selamat dan sukses. Ucapan tersebut tentu sebagai sebuah kebanggaan bagi Pokja. Harapan utamanya, dengan meraih gelar profesor, keberadaan Pokja semakin memiliki andil besar untuk menurunkan emisi gas rumah kaca di Kalbar. 

Berita tersebut dikonfirmasi ke Gusti Hardiansyah yang juga Dekan Fakultas Kehutanan Untan. Ia membenarkan telah meraih gelar bergengsi itu. Bahkan, ia men-share-kan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor SK-nya 147179/MPK/2019 tentang Kenaikan  Jabatan Akademik Fungsional Dosen Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Lalu, SK tersebut diteken langsung oleh MendikbudDikti, Nadiem Anwar Makarim. SK dikeluarkan tanggal 17 Desember 2019 lalu.

“Benar, saya sudah mendapatkan SK sebagai guru besar atau profesor di bidang Ilmu Manajemen Hutan. SK-nya sudah saya terima. Bila tidak ada halangan, pada Maret depan saya akan orasi,” kata Prof Gusti.

Gelar profesor atau guru besar bisa dikatakan gelar tertinggi untuk seorang dosen. Bila sudah mendapatkan gelar itu, tandanya ia memiliki banyak penemuan. Penemuan itu dibuktikan dengan sertifikat Hak Paten dari Kementerian Hukum dan HAM. Selain Hak Paten juga karya tulis ilmiah yang menjadi rujukkan dunia akademisi. Untuk bisa meraih gelar profesor, seorang dosen harus terlebih dahulu meraih gelar doktor.

“Prosesnya memang panjang. Namun semua kita jalani dengan sabar. Adanya gelar profesor tersebut semakin menguatkan dedikasi saya untuk terus memberikan kontribusi bagi lingkungan hidup atau kehutanan di Kalbar,” tambah Prof Gusti. (ros)

2 Responses to "Ketua Pokja REDD+ Kalbar Raih Gelar Profesor"

  1. Subhanallah, semoga beliau terus mengembangkan potensi prestasinya dan menularkan pada generasi muda kalbar agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni

    BalasHapus
  2. Luar biasa.. kebanggaan orang kalbar... yang lain mana nih..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel