Pokja REDD+ Kalbar Rampungkan Pengisian Kusioner CDP


 
Pokja REDD+ Kalbar sedang melakukan rapat
Salah satu rapat yang digelar Pokja REDD+ Kalbar untung merampungkan pengisian kusioner CDP di Hotel Orchardz
Pontianak – Kelompok Kerja (Pokja) REDD+ Kalimantan Barat baru saja merampungkan pengisian kusioner Carbon Disclosure Project (CDP). Kusioner tersebut didukung oleh Federal Ministry for the Environment Nature Conservation and Nuclear Safety dari Jerman. Begitu selesai pengisian kusioner langsung di-submit atau dikirim pada Senin, 24 Agustus 2020.

“Alhamdulillah, kusioner CDP sudah di-submit kemarin. Dan juga sudah diterima mereka. Terima kasih atas kerjasamany,” kata anggota Pokja REDD+ Kalbar, Yenny S Hut MT di Hotel Orchadz Pontianak, Selasa (25/8/2020).

Kusioner CDP ini meminta negara bagian dan kawasan untuk mengungkapkan dampak lingkungan perubahan iklim. Kusioner ingin mendapatkan informasi terkait upaya untuk menurunkan emisi karbon terutama di Kalimantan Barat.

Ada 11 isu yang ditanyakan dalam kusioner tersebut di antaranya soal pertanian, infrastruktur, kelistrikan, ekonomi, pemerintahan, industri, pertanahan, transportasi, kesehatan, dan pengolahan limbah dan air bersih. Semua pertanyaan dalam Bahasa Inggris, menjawabnya juga dalam bahasa dunia tersebut.
Pokja REDD+ Kalbar

Untung saja ada di antara anggota Pokja REDD+ Kalbar yang sangat piawai dalam Bahasa Inggris. Kusioner bisa dijawab walau harus melakukan beberapa kali pertemuan. Hal yang mendukung dalam pengisian kusioner, karena anggota Pokja rata-rata memahami apa yang ditanyakan.

“Kita berharap dengan selesainya pengisian kusioner ini, dukungan finansial terutama dari negara donor bisa terealisasi. Untuk menurunkan emisi gas rumah kaca di Kalbar memang perlu dukungan dana besar terutama dari negara yang memiliki komitmen terhadap persoalan ini, terutama Jerman,” harap Ketua Pokja REDD+ Kalbar, Prof Dr Gusti Hardiansyah. (ros)


0 Response to "Pokja REDD+ Kalbar Rampungkan Pengisian Kusioner CDP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel