Proyek REDD+ MRV Berbasis Website Dimulai, Didukung Under2 Coalition

Personel Pokja REDD+, DLHK, dan Bentang Kalimantan foto bersama usai pelaksanaan Kick-off Developing REDD+ MRV System
Pontianak – Komitmen Provinsi Kalimantan Barat menurunkan emisi gas rumah kaca dimulai. Hal ini ditandai dengan kick-off (peresmian) REDD+ MRV Project berbasis websiste di Hotel Ibis Pontianak, Kamis (8/4/2021). Sekda Kalbar, AL Leysandri SH meresmikan langsung kick-off tersebut.

“Kalbar berkomitmen ikut menurunkan emisi sebesar 29 persen, dan 41 persen bila didukung dunia internasional. Komitmen tersebut sudah lama dimulai dengan menyiapkan berbagai dokumen. Hari ini, komitmen itu mulai kita wujudkan dengan membangun sistem MRV (Monitoring, Reporting, Verication, red) berbasis website,” kata Sekda Kalbar, AL Leysandri SH saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Leysandri mengucapkan terima kasih kepada Bentang Kalimantan yang ikut membantu membangun sistem MRV. Tidak lupa pula, Leysandri atas nama Pemprov Kalbar mengucapkan terima kepada Under2 Coalition yang memberikan dukungan kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kalbar, Ir H Adi Yani MH ikut memberikan sambutan. Dia mengatakan, upaya untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sudah lama dilakukan Pemprov Kalbar. Upaya tersebut ditandai dengan mendirikan lembaga adhock yakni Kelompok Kerja (Pokja) Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation Plus (REDD+) tahun 2012 lalu. Sejumlah dokumen penting telah dihasilkan Pokja REDD+ sebagai persiapan untuk ikut berkontribusi menurunkan emisi 29 persen.

Leysandri (tengah) didampingi Adi Yani dan Gusti Hardiansyah 
“Pokja REDD+ sebagai perpanjangtanganan dari Pemprov Kalbar telah melakukan kerja sama dengan akademisi dan NGO serta lembaga donor. Sejauh ini sudah menjalin kerja sama dengan IJ REDD Jepang, GIZ Forclime Jerman, IDH Belanda, Bentang Kalimantan, FFI, PRCF Indonesia, WWF Indonesia, Sampan Kalimantan. Dukungan dengan Kementerian LHK juga besar,” papar Adi Yani.

Tahun 2021 ini, Pokja REDD+ telah menjalin kerja sama dengan Under2 Coalition yang berkedudukan di Inggris. Sebagai bentuk kerja sama, Under2 Coalition memberikan dukungan pendanaan untuk pembangunan MRV berbasis website selama delapan bulan. “Ini kerja sama pertama. Kita berharap kerja sama ini terus berlanjut,” harap Adi yani.

Martine Crowe
Hadir dari pihak Under2 Coalition Global Engagemet Coordiantor, Martine Crowe secara online. Dari Inggris, Martine menyambut baik peresmian proyek MRV System tersebut. Dia merasa senang komitmen Kalbar ingin menurunkan emisi 29 persen.

“Proyek Under2 ini adalah yang pertama kali di Asia. Selama ini proyek kami lebih banyak di Amerika Latin. Semoga proyek ini bisa dijalankan dengan baik,” harap Martine dalam Bahasa Inggris.

Aksi Pokja REDD+

Kegiatan Kick-off tersebut merupakan aksi pertama dengan dukungan Under2 Coalition. Dibantu oleh NGO Bentang Kalimantan Kalimantan acara berlangsung sukses dari pukul tiga sampai enam sore. Acara berlangsung dengan menggunakan dua bahasa, Indonesia dan Inggris.

Pihak Pokja REDD+ sebelum dilakukan kick-off itu sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan yang akan membuat website tersebut. Diperkirakan sebelum kontrak habis dengan Under2 Coalition, website tersebut sudah rampung. (ros)

0 Response to "Proyek REDD+ MRV Berbasis Website Dimulai, Didukung Under2 Coalition"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel