FKRI Mengajak Seluruh Rimbawan Berjuang Menurunkan Deforestasi

Prof Gusti (kiri) saat menerima pataka FKRI dari Ir Lamris Sitompul

Jakarta
- Isu deforestasi mencuat belakangan ini. Ditambah banyaknya terjadi banjir di sejumlah daerah menjadikan deforestasi banyak diperbincangkan. Ketua DPP Forum Kolaborasi Rimbawan Indonesia (FKRI) Prof Dr Ir Gusti Hardiansyah mengajak seluruh rimbawan terus berjuang menurunkan deforestasi.

“Saya mengajak seluruh rimbawan di seluruh Indonesia untuk berperan aktif menurunkan deforestasi. Kita tentu tidak menginginkan angka deforestasi naik tajam. Sebab, dampak negatifnya sangat besar,” kata Prof Gusti usai serah terima jabatan Ketua DPP FKRI Ir Lamris Sitompul IPU dari Universitas Mulawarman kepada dirinya di Gedung Manggala Wanabhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Jumat (13/11/2021).


Diungkapkan mantan Dekan Kehutanan Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak ini, walaupun angka deforestasi menurun tahun 2019-202 sebesar 75 persen, namun lahan kritis masih banyak. FKRI terus mendorong pemerintah untuk terus menurunkan angka tersebut, jangan sampai meningkat lagi.


“Maraknya pembangunan dan pemukiman memang tak terhindarkan. Kondisi ini tentu berpengaruh pada deforestasi. Kita mendesak kawasan hutan lindung yang telah ditetapkan jangan sampai berubah fungsi. Apabila ada pemanfaatan kawasan hutan lindung harus cepat dicegah dan dilakukan tindakan hukum,” desak Prof Gusti yang juga Ketua Pokja REDD+ Kalimantan Barat.


Prof Gusti yang masih memiliki darah Keraton Landak ini mendesak pemerintah untuk focus menggarap lahan kritis di dalam kawasan hutan lindung maupun di luar kawasan. Jumlahnya sangat besar dan harus kembali dihijaukan. Cara ini salah satu cara terbaik mencegah banjir yang semakin marak di sejumlah daerah.


“Kita juga mendesak, Daerah Aliran Sungai yang juga banyak mengalami deforestasi segera diatasi agar pendakalan sungai tidak semakin laju. Bila sungai banyak dangkal, tidak mampu menahan mengalirkan hujan lalu meluber ke daratan sehingga menyebabkan banjir sulit surut,” ungkap Prof Gusti. 


Banyak hal terkait dengan deforestasi. Untuk itu dalam waktu dekat FKRI di bawah kepemimpinannya bersinergi dengan Kementerian LHK RI untuk mencari solusi terbaik terus menurunkan angka deforestasi di Indonesia. “Sekali lagi, untuk seluruh rimbawan di Indonesia, mari kita bantu pemerintah mencegah deforestasi,” ajak Prof Gusti. (ros) 

0 Response to " FKRI Mengajak Seluruh Rimbawan Berjuang Menurunkan Deforestasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel